Selasa, 25 Februari 2014

REHOMING oooohhhh REHOMING . . . !!!



Seperti halnya prinsip ekonomi, “ Modal sesedikit mungkin dengan laba sebanyak mungkin”, dalam dunia telekomunikasi juga berlaku istilah seperti itu, “Mendapatkan kinerja sebaik mungkin dengan biaya implementasi yang minimal”. Memang sulit untuk mencapai kinerja yang diharapkan jika melihat jaringan komunikasi yang sangat kompleks. Untuk itu dilakukan optimasi, seperti optimasi frekuensi radio, optimasi perangkat keras, rehoming, reparenting, repointing, rebalancing dan lain sebagainya.

Pada tulisan kali ini, kita akan focus dulu pada materi tentang REHOMING mumpung ane juga lagi di projek rehoming. Hehe. Keep my knowledge in my blog.

Pada dasarnya yang dimaksud rehoming adalah proses pemindahan koneksi dan data suatu cell pada Base Transceiver Station (BTS) dari Base Station Center (BSC) yang satu ke BSC yang lain dengan maksug untuk pemerataan kapasitas jaringan maupun untuk perbaikan jaringan pada suatu daerah. Sedangkan reparenting yaitu pemindahan BSC dari MSC yang satu ke MSC yang lain.

                                                   Before                                            After 


Proses rehoming biasanya di kerjakan malam hari, gak biasanya sih, 90% pasti dikerjakan malam hari sekitar jam 10-jam 5. Kenapa ? karena site/BTS yang di rehoming bakalan down/mati sehingga ketika di kerjakan malam hari tidak akan banyak merugikan pengguna.

Saya akan fokus ke rehoming pada sisi DT, karena sampai tulisan ini di muat saya masih sebagai DT Engineering. :D

Hal yang paling penting saat kita mengambil data DT rehoming adalah memperhatikan LAC. Apakah LAC dari site/BTS sudah berubah atau belum. LAC (Local Area Network). Seandainya LAC sudah berubah sesuai dengan LAC yang dikehendaki oleh team Optim maka site tersebut sudah siap di DT.
Yang di ambil pada DT rehoming biasanya :

  1. Test voice
  2. Test PS 
  3. Test HSDPA/Download 
  4.  Speedtest
Setelah semua ditest dan dianggap OK baru kita pindah ke site yang lain. Pada dasarnya ngerjakan projek rehoming pada bagian DT tidak begitu sulit bahkan mudah, tapi yang gak kuat itu menunggu dan begadangnya.

Untuk para team DT yang lagi ngerjakan rehoming, SELAMAT BEGADANG dan Jaga kesehatan ya sob.

BR

Agung Budi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih dah berkunjung, Berilah sepatah dua patah kata..