Minggu, 23 Februari 2014

Drive test ? bukan Test Drive lho ya..

              Mungkin sebagian orang masih belum tahu tentang profesi  Drive Test atau biasa di sebut DT. Drive Test bukan test untuk mengemudi, bukan kerja jadi sopir atau juru sopir lho ya!!.  Drive Test adalah Proses pengukuran sistem komunikasi bergerak pada sisi gelombang radio untuk mengumpulkan data kondisi Sinyal radio telekomunikasi dari pemancar atau yang lebih dikenal dengan BTS dari operator tertentu untuk kemudian dapat digunakan untuk proses optimasi dari BTS tersebut.
             Umumnya, drive test dilakukan dengan menghubungkan MS/handphone ke laptop dan dilakukan dengan menggunakan Mobil, kalau dengan jalan kaki di sebut dengan Walk Test. Untuk Walk Test biasanya di lakukan untuk indoor seperti hotel atau rumah sakit yang menggunakan Antena mikro. Aplikasi yang digunakan biasanya TEMS Investigati*ns dan handphone S*ny Erics*n K800i. Berikut merupakan alat yang dibutuhkam untuk Drive Test :
  1. laptop yang terinstal software TEMS,
  2. handphone,
  3. kabel data,
  4. GPS,
  5. dan luarannya diolah dengan software MapInfo.

Drive test berguna untuk mengetahui permasalahan pada jaringan, seperti level sinyal yang lemah, kualitas sinyal yang buruk, cakupan area yang buruk, pengujian site/ BTS yang baru OnAir, menguji kecepatan download/upload, menganalisa drop call/block call dan sebagainya. Brikut Ilustrasi proses Drive Test :
juk ijak ijuk ijak ijuk naik mobil ketempat site/BTS, hidupkan laptop buka aplikasi TEMS, hubungkan handphone dan GPS dengan Laptop. Setting TEMS sesuai metode pengambilan Drive Test yang diinginkan oleh team Optim (team atasan yang gajinya jauh lebih gedhe dari team DT, hehehe J). Setelah itu proses lakukan record TEMS dan berkeliling mengitari area sekitas Site/BTS, terutama arah dari sector antenna. Dan pulang … juk ijak ijuk lagi “.



Sekian dulu tentang Drive Test ya, karena adminnya mau drive test juga. Mau Rehoming. Rehoming ? ? apa itu?? next time akan kita bahas apa tu rehoming? jenis makanan apa tu? hehe 


BR
Agung Budi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih dah berkunjung, Berilah sepatah dua patah kata..